HAPLI 2012

3 01 2012

Yth anggota HAPLI.

Tahun 2011 telah kita lalui bersama dengan berbagai permasalahan industri khususnya pengecoran logam yang masih lazim kita hadapi bersama sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya. Permasalahan fluktuasi harga maupun ketersediaan bahan baku masih merupakan kendala utama bagi kelangsungan usaha disektor ini. Sementara itu permintaan produk cor, khususnya dari sector komponen otomotif meningkat cukup tajam serta diprediksi pada tahun 2012 masih akan terus meningkat.

Ketua Umum HAPLI, Yos Rizal Anwar memprediksikan permintaan besi tuang (cast iron) untuk sektor otomotif (mobil dan sepeda motor) pada tahun ini mencapai 251.000 ton dan alumunium sebanyak 84.000 ton.  Prediksi tersebut sejalan dengan proyeksi penjualan mobil nasional yang diyakni menembus rekor tertinggi 750.000 unit dan pasar motor domestik yang mencapai 7,5 juta-8 juta unit. Sementara itu, menurut Yos pula, Saat ini, kapasitas produksi industri pengecoran logam nasional baru mencapai 266.860 ton per tahun, terdiri dari industri logam besi (ferrous) 141.360 ton per tahun (31 perusahaan), baja alloy (alloy steel) 5.000 ton per tahun (4 perusahaan). Adapun kapasitas industri pengecoran nonbesi (non-ferroes) 68.500 ton per tahun (14 perusahaan besar dan 20-an skala kecil), serta baja daur ulang (recycling) 52.000 ton per tahun (3 perusahaan besar dan 400-500 usaha skala kecil menengah). (http://web.bisnis.com/sektor-riil/manufaktur/1id212379.html).
Komponen otomotif memiliki tuntutan kualitas yang sangat tinggi. Dengan demikian selain dibutuhkan input proses berupa bahan baku maupun teknologi proses yang memadai, dibutuhkan pula sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi tinggi pula. Berbagai permasalahan proses yang akan muncul sudah akan berupa permasalahan kolektif yang harus didiskusikan serta dipecahkan bersama-sama oleh para praktisi, akademisi dan pemasok bahan baku, tentu dengan dukungan pemerintah melalui kebijakan-kebijakan strategis maupun regulasi memang diperlukan.

Dalam rangka merespon peluang yang begitu besar, serta mengantisipasi kendala-kendala yang akan dihadapi, HAPLI dengan dukungan dari pemerintah akan tetap berkomitment untuk mewadahi praktisi, akademisi dan para pemasok bahan baku dalam menuangkan, mendiskusikan serta mencari pemecahan berbagai permasalahan teknologi pengecoran logam, dengan tujuan untuk secara bersama-sama mendorong maju industri pengecoran logam nasional, agar mampu bersaing secara global.

Beberapa pertemuan rutin berupa seminar/workshop yang diprogramkan untuk dapat terlaksana pada tahun 2012 mengusung topik antara lain:

  1. Metallurgy and Process of High Quality Cast Iron for Automotive Industry.
  2. The future of Aluminum Die Casting Process and Metallurgy.
  3. High Manganese Cast Steel Process and Property for General Applications.

Seminar/workshop tersebut akan melibatkan pakar-pakar pengecoran logam baik dari kalangan industri maupun akademisi.

Disamping itu HAPLI juga sedang merencanakan untuk menerbitkan media informasi berupa majalah/bulletin maupun buku-buku pedoman praktis teknik pengecoran logam berbasis budaya kerja lokal yang dapat diakses dan dijadikan bahan rujukan oleh anggota HAPLI maupun para praktisi pengecoran logam diseluruh tanah air.

Untuk dapat terealisasinya rencena-rencana tersebut pada tahun 2012, diperlukan dukungan, kerjasama serta peran aktiv dari para anggota HAPLI baik melalui media elektronik maupun pada pertemuan-pertemuan yang akan dijadwalkan.

Salam


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: